Pages

Kamis, 08 September 2016

NAMA - NAMA PRESIDEN RI DARI 1945 - 2019



Presiden adalah pemegang kekuasaan atas negara dan pemerintahan. Sejak merdeka tahun 1945 telah terjadi pergantian presiden sekian kalinya. Berikut ini adalah daftar nama presiden dan wakil presiden yang pernah memimpin Negara Indonesia.

1. Ir. Soekarno

Beliau memimpin Indonesia sejak 18 Agustus 1945 hingga  12 Maret  1967. Berasal dari Partai Nasional Indonesia. Selama menjadi presiden beliau hanya berpasangan dengan seorang wakil yaitu Mohammad Hatta. 

2. Soeharto

Beliau memimpin Indonesia sejak 12 Maret 1967 - 21 Mei 1998. Berasal dari partai Golongan Karya. Soeharto merupakan presiden terlama yang pernah memimpin Indonesia. Selama jadi presiden beliau berpasangan dengan beberapa orang wakil. Berikut nama-nama yang pernah menjadi wakil beliau selama menjadi presiden :
·           Hamengkubuwana IX
·           Adam Malik
·           Umar Wirahadikusumah
·           Soedharmono
·           Try Sutrisno
·           Bacharuddin Jusuf Habibie

 
Beliau memimpin Indonesia sejak  21 Mei 1998 - 20 Oktober 1999. Berasal dari  partai Golongan Karya. Beliau naik menjadi presiden setelah Soeharto menyatakan mengundurkan diri.  Selama menjadi presiden habibie begitu nama pangillanya tidak mempunyai wakil.

4. Abdurrahman wahid

Orang yang akrab disapa Gus Dur ini Memimpin mulai 20 Oktober 1999 - 23 Juli 2001 berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa. Guru bangsa, reformis, cendekiawan, pemikir, dan pemimpin politik ini menggantikan BJ Habibie sebagai Presiden RI setelah dipilih MPR hasil Pemilu 1999. Wakilnya adalah Megawati Soekarno Putri .

5. Megawati Soekarno Putri

Beliau memimpin Indonesia sejak 23 juli 2001 - 20 Oktober 2004 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Beliau juga diangkat oleh MPR menggantikan Abdurrahman wahid  dengan didampingi seorang wakil bernama Hamzah Haz.

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Putra Pacitan ini menjadi orang nomor satu di indonesia sejak  20 Oktober 2004 - 20 Oktober 2014 selama dua periode dengan kendaraan partai demokrat. Selama menjadi presiden beliau didampingi oleh 2 orang wakil yaitu pada periode pertama didampingi oleh Muhammad Jusuf Kalla, kemudian pada period eke 2 didampingi oleh Boediono.

7. Joko Widodo


Berangkat dari seorang pengusaha orang yang akrab disapa jokowi ini mengawali karir sebagai wali kota solo melalui partai PDIP dan sempat masuk dalam jajaran orang-orang berpengaruh di dunia.  Setelah sukses di Solo pada masa periode ke 2 sebagai wali kota beliau dicalonkan menjadi Gubernur Jakarta dan berhasil terpilih didampingi oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Belum genap memimpin Jakarta selama 5 tahun, beliau dicalonkan menjadi orang nomor satu di Indonesia dan berhasil memenangkan pemilihan dan resmi menjadi presiden sejak  20 Oktober 2014 – 2019. Beliau berpasangan dengan Muhammad Jusuf Kalla untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan makmur.











           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar